News

Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Akan "Ikutan" IEL University Series Season 2!

Selasa, 30 April 2019 | 16:15 WIB
By: Alfhatin Pratama

Kemeriahan Indonesia Esports League (IEL) University Series 2019 tidak hanya terjadi di tempat pertandingan dan kampus-kampus pesertanya, lho! Buktinya, seminar bertemakan "Esports: Beyond Gaming" yang diselenggarakan di Universitas Negeri Jakarta (UNJ) disambut baik para mahasiswa dan dosennya (26/3).

Walaupun UNJ tidak menurunkan atlet Mobile Legends: Bang Bang dan Dota 2 di turnamen resmi antar-kampus pertama di Indonesia ini, para peserta seminar yang hadir, baik mahasiswa dan dosen, sangat antusias mengikuti seminar yang membahas bahwa esports sangatlah berbeda dengan sekadar gaming ini.

Tim IEL sempat menemui salah satu pengajar di Program Studi Ilmu Keolahragaan, Albert Wolter Aridan Tangkudung, biasa dipanggil Albert.

Menurutnya memang masih terdapat pro dan kontra untuk memasukkan esports ke dalam olahraga. "Soal esports, ada yang berpikir terlalu negatif, ada juga yang berpikir terlalu positif," katanya. Ia sendiri berpendapat bahwa esports adalah hal yang harus ditanggapi dengan baik karena mengikuti perkembangan zaman.

Campus Seminar IEL University Series 2019 di Universitas Negeri Jakarta | IEL University Series 2019

Berkaca pada Asian Games 2018 dan SEA-Games 2019, dosen pengampu mata kuliah Bahasa Inggris Olahraga Rekreasi dan Implementasi Manajemen Kepelatihan Olahraga itu setuju kalau esports adalah olahraga.

"Untuk Olimpiade 2020, kan sedang didiskusikan apakah esports termasuk olahraga atau tidak. Dengan ini, mau tidak mau, esports harus didukung. Di dalam esports juga bicara soal fisik, ada ilmu kepelatihannya, dan ilmu pengetahuannya. Kedepannya, tidak menutup kemungkinan esports akan tergabung dengan ilmu keolahragaan yang ada sekarang," ujarnya.

Menanggapi tentang kapan esports akan masuk ke dalam kurikulim ilmu keolahragaan, Albert belum bisa angkat bicara. Menurutnya, masih belum ada pembahasan lebih lanjut karena semuanya harus ada perencanaan yang matang, baik dari pemerintah maupun otoritas kampus dan Program Studi.

Terakhir, Albert menaggapi dengan baik antusiasme mahasiswa terhadap esports. "Jika IEL University Series musim ke-2 dilaksanakan tahun depan, kemungkinan UNJ akan ikut. Jika diundang, ya kami akan ikut," tutupnya sambil sedikit bergurau.

Artikel ini merupakan hasil kerjasama antara esportsleague.id dengan Razer dan Air Asia.