News

IEL University Series 2019 Sukses Lahirkan Deretan Tim Terbaik Indonesia

Rabu, 1 Mei 2019 | 10:00 WIB
By: Aulia Annaisabiru Ermadi

IEL University Series 2019, kompetisi pertama esport tingkat universitas di Indonesia yanhg berada dibawah naungan MIX 360 ESPORTS, resmi berakhir. Pada babak final yang diselenggarakan 26-28 April 2019, 8 tim dari 6 universitas berlaga merebutkan total hadiah Rp1 miliar dalam pertandingan Mobile Legends: Bang-Bang (MLBB) dan DOTA 2. Keenam Universitas tersebut adalah Universitas Bina Nusantara (BINUS), Universitas Multimedia Nusantara (UMN), Universitas Kristen Maranatha, Universitas Ciputra, Universitas Kristen Petra dan Universitas Dian Nuswantoro (UDINUS).

Dalam gelaran ini, BINUS berhasil menyapu bersih dua gelar juara sekaligus dan berhak atas hadiah total sebesar Rp 374 juta. Posisi runner up direbut UMN pada dua laga juga, yakni MLBB dan DOTA 2 dan berhak atas hadiah total Rp 243 juta.

Tim Esports Universitas Bina Nusantara keluar sebagai Juara Umum (Grand Champion) kompetisi Grand Fi | IEL University Series 2019
"IEL University Series 2019 resmi berakhir, kita semua patut berbangga karena kompetisi ini telah berlangsung secara sportif. Harapan kami, di masa mendatang mereka dapat mewakili Indonesia pada kompetisi tingkat dunia. Disamping itu, ini juga membuktikan bahwa esports bukanlah olahraga elektronik yang dapat dipandang sebelah mata," kata Harry Kartono, Chief Operational Officer MIX 360 ESPORTS.

"Sebagai bagian dari rangkaian kompetisi liga universitas untuk tingkat amatir, IEL University Series 2019 telah berjalan dengan lancar sesuai harapan. Dari kompetisi ini, bibit-bibit unggul telah tampak, namun perjalanan kita dalam mengembangkan ekosistem esports tidak berhenti sampai disini," ujar Eddy Lim, Presiden Indonesia eSports Association (IeSPA).

"Kita mempersiapkan para pemenang juara umum Liga IEL di Pelatnas esports SEA Games 2019 yang akan diselenggarakan dalam beberapa bulan mendatang. IeSPA bersama dengan Kemenpora dan KOI turut memberikan dukungan penuh," sambungnya.

Tim Esports Universitas Multimedia Nusantara keluar sebagai Runner Up kompetisi Grand Final IEL University Series 2019 pada Laga DoTa 2 dan berhak atas hadiah total senilai Seratus Tiga Puluh Juta Rupiah | IEL University Series 2019
IEL University Series 2019 merupakan kompetisi esports resmi pertama tingkat universitas di Indonesia yang didukung penuh oleh Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI), dan Indonesia Esports Association (IeSPA), dimana nantinya akan laga ini akan menjadi bagian dari liga universitas resmi dibawah naungan IeSPA.