News

Wow, Tokyo Gelontorkan Rp 6,5 Miliar untuk Esports!

Senin, 21 Januari 2019 | 11:37 WIB
By: Alfhatin Pratama


Ekosistem esports di Jepang makin joss berkat hadirnya Japan Esports Union (JESU) di 2018. Organisasi itu menggabungkan tiga organisasi esport di Jepang yang sebelumnya terpisah. JESU ingin jadi jembatan antara pemerintah Jepang dengan para pelaku industri esport.

Bulan Desember 2018, Ketua JESU Hideki Okamura pernah mengatakan pada Esport Insider bahwa ia akan terus mendorong popularitas esports di Jepang ke tahap yang lebih tinggi. Janji-janji itu rupanya mulai terwujud nih. 

Dikutip dari The eSports Observer, Gubernur Tokyo Yuriko Koike mengumumkan bahwa ia akan mendukung terselenggaranya turnamen esports besar di kota metropolitan itu. "Esports melibatkan berbagai macam industri. Turnamen yang akan diselenggarakan dapat menjadi peluang dan ajang promosi bagi banyak perusahaan," kata Koike kepada The Japan Times.

Untuk mendukung terselenggaranya turnamen esports, yang direncanakan berlangsung selama 2 hari pada April 2019 ini, pemerintah Tokyo mengalokasikan anggaran sebesar 50 juta Yen atau sekitar Rp 6,5 milyar.

Hingga berita ini ditulis, belum ditetapkan waktu dan tempat yang pasti untuk penyelenggaraan turnamen tersebut.

Dengan salah satu langkah yang dibuat Jepang dalam pertumbuhan ekosistem esports, diharapkan ekosistem esports di Jepang dapat meningkat signifikan. Hal ini tentunya memakan waktu yang lama dan usaha yang tidak mudah. Kerjasama antara developer game, atlet esports, investor, pemerintah, dan pihak lain yang terkait harus terus ditingkatkan.

Kapan ada pemerintahan di Indonesia yang berani komitmen dana sebesar itu ya?